Tuesday, October 29, 2019

Resep Churros dan Black Churros


Bikin donat sepanyol ini kadang-kadang mudah, kadang-kadang susah, tergantung suasana hati saja mungkin. Ok, kalau masih belum ngeh dengan Churros, ini adalah panganan yang cukup populer berasal dari Spanyol, nah inilah kenapa saya sebut di awal sebagai Donat Spanyol.

Sebenar-benarnya Churros adalah Choux yang digoreng, nah apalagi choux itu? ...
Choux itu adalah adonan pastry sederhana yang terdiri dari susu, mentega dan juga tepung, serta telur sebagai finishingnya kalau untuk membuat adonan Churros. Karena emang Churros sesederhana itu, coba nih aku share resep Churros secara umum.

Bahan :
50 Gr Mentega/Margarin
250 Ml Susu cair (aku full cream)
100 Gr Gula pasir
1/2 Sdt Vanili
1/2 Sdt garam
150 Gr Tepung Protein Sedang
1 Butir Telur (it lil bit tricky)
Minyak untuk menggoreng



Itu bahan-bahan untuk membuat Churros, dan kenapa di bahagian telur aku bilang sedikit Tricky? Karena untuk mencapai konsistensi yang pas emang butuh pemahaman berat telur, lebih gampangnya adalah 1 telur ukuran besar dirasa cukup, tetapi dengan 2 telur ukuran kecil mencapai konsistensi adonan yang pas. This how to make it :



  1. Siapkan wajan/pan (kalau bisa anti lengket), masukkan mentega/margarin, susu, gula dan vanili jadi satu.
  2. Panaskan kompor dengan api sedang, masak dan aduk ketiga bahan tersebut hingga mendidih.
  3. Kecilkan api dan masukkan tepung terigu dan aduk2 dengan cepat hingga tercampur rata dan adonan choux terbuat, matikan api. Dinginkan adonan hingga suhu ruang.
  4. Siapkan mixer atau pengaduk (untuk manual), Masukkan telur dalam adonan yang sudah agak dingin, mixer dengan kecepatan sedang hingga konsistensi adonan mirip dengan mash potato, atau kentang tumbuk.
  5. Siapkan wajan dan minyak untuk menggoreng, gunakan api sedang, Siapkan pula adonan dalam plastik spuit dan cetakan,
  6. Goreng churros hingga kuning kecoklatan




Untuk adonan Black Churros ini menggunakan arang bambu atau bamboo charcoal kualitas bagus, yang butirannya sangat halus, karena untuk kualitas yang biasa ini jadi kerasa masir banget. 1 sendok teh cukup untuk 1 adonan, untuk tanya beli dimana, biasa ada di toko bahan kue dan pilih yang kualitas super.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...