Sunday, November 10, 2019

Warung Bebek Goreng Purnama Asli, Katanya Tidak Buka Cabang (Jelajah Bebek #1)

Bebek Goreng Purnama

Sekali lagi ya, Surabaya selain berjuluk Kota Pahlawan, Kota ini juga berjuluk Kota Surga Bebek Goreng, ya karena memang di Surabaya kita bisa menemui penjual bebek goreng di hampir semua sudut jalan, gang bahkan sampai blusukan gang kecil ada yang jual bebek goreng, apalagi kalau sudah ada embel-embel "Cabang Purnama" sudah pasti tetep aja ada yang makan disana.

Kita coba untuk ke kedai (yang konon katanya) pertama kali Bebek Purnama lahir
OK, baik kita bakalan kenalin sobat MakanMasak dengan Jelajah Bebek di Kota Surabaya, dan pasti kita mulai dari sini sebagai jujugan nomor 1 yaitu Bebek Purnama Asli (Tidak Buka Cabang), pernah kita bahas di artikel Bebek Sejuta Cabang. Tapi perlu kita update untuk yang terbaru (alasan saja sih karena emang pengen kesana).

Bioskop Purnama


Lokasi
Bagi orang luar kota kala berkunjung ke Kota Surabaya emang wajib buat mampir kesini, ke Jalan Raya Dinoyo tepat di samping bekas Gedung Bioskop Purnama, Buka sekitar pukul 15.00 atau jam 3 sore, biasanya setelah buka bakalan ramai karena masih hangat dan bakalan diserbu mereka yang barengan pulang kantor.

Disini bebek goreng tersaji dengan epic di baskom-baskom dengan isian melimpah, saat bebek digoreng barengan dengan serunding dan panas-panas setelah ditiriskan langsung ditaruh di baskom. Baunya menyeruak menusuk hidung, ya emang lebay, tapi emang baunya masih bisa kita rasakan.

Warung Bebek Goreng Purnama

Pilihan bebek atau ayam


Ayam atau Bebek
Pilihannya emang hanya dua saja, Bebek Goreng atau Ayam Goreng dengan optional yakni jerohan. Makan di tempat atau take away bawa pulang alias dibungkus.

Kalau makan di tempat maka kita bisa pilih salah satu sudut pinggir jalan yang macet, ditemani semangkuk kecil sambal yang siap kita embat untuk menemani si Bebek Goreng. Saya pribadi suka mem-benchmark bebek purnama lainnya dari tempat ini, bebeknya panas ditemani sambal yang lumayan pedas berminyak dengan hangatnya nasi merupakan paduan pas.

Ayam Goreng Purnama

Jerohan Bebek Purnama


Sesekali kalau mereka sedang goreng bebek tunggulah sejenak, minta yang baru diangkat dari wajan. dan siramlah nasi dengan sambal, makan pakai tangan, nikmat! Bebeknya ngeprul tapi masih sedikit melawan, memang lebih enak seperti ini dan ini jadi ciri khas dari Bebek Goreng Surabaya, kualitas nasi ya standart lah ya, bukan terenak nasinya (makanya kalau beli disana suka beli bebeknya doank nanti makan pakai nasi di rumah).

Kalau sambel mungkin lumayan enak, mending makan di tempat, karena sambal tersedia di meja dan dengan kepedasan yang cukup menggugah selera.

Soal tempat memang warung pinggir jalan, pakai keber kain dan di jalan yang terkenal dengan kemacetannya, parkir mobil mungkin rada susah dan jauh, apalagi kalau sore dengan datangnya penjual sayur di sebelahnya, tambah runyam.

Kalau ke Surabaya memang wajib banget untuk mencoba olahan bebek satu ini, sebagai penanda bahwasannya pernah makan di pusat Bebek Purnama Asli. Sudahkah kamu makan Bebek Goreng Purnama disini?


1 comment:

  1. Bebek purnama iki sekarang berapa seporsinya? Kalo favoritku tetep bebek sinjay sih, agak mahal tapi memang ukurannya jumbo!

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...